Cara Mempersingkat Artikel di Tampilan Homepage Pada Wordpress

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya menampilkan artikel yang singkat di wordpress. Dengan kata lain, artikel atau konten blog wordpress kita dibatasi beberapa kata atau paragraf saja. Misalkan bisa 300 kata atau hanya paragraf pertama saja yang akan ditampilkan di website kita. Kadang kita yang suka ngeblog, setelah menerbitkan artikel baru di blog maka artikel muncul semuanya di halaman. Gak enak kan jadinya kalau artikel seluruhnya ditampilkan. Dilihatnya gak rapi. Ini juga terjadi baik pada blogger maupun wordpress. Hanya saja caranya berbeda. Kalau pada blogger, mempersingkat artikel yang ditampilkan pada blog pernah saya share di artikel sebelumnya di "caranya mempersingkat artikel dan membuat read more (baca selengkapnya) di blogger". 

Berbeda langkahnya bila dilakukan terhadap wordpress. Agar rapi artikel atau konten yang ditampilkan pada wordpress juga mudah dilakukan. Langkah-langkahnya sangat mudah, bisa sambil diikuti ya.


Langkah-Langkah Mempersingkat Konten / Artikel yang Ditampilkan di Wordpress


Metode 1 : 


 1. Masuk terlebih dahulu ke dashboard wordpress kamu


2. Setelah masuk, lalu buat artikel atau post baru. Misalkan saya membuat artikel baru ini (bisa dilihat di gambar bawah ini)



Klik simbol yang ditunjukkan tanda panah atau insert read more tag. Setelah tombol ini diklik, maka di bawah artikel akan muncul tulisan -------------- MORE--------


Metode 2 : 


Untuk metode ini sangat mudah dilakukan. Teman-teman ikuti gambar di bawah ini ya.

1. Masuk ke akun wordpress

2. Buat post / artikel baru

3. Kemudian di sebelah kanan atas, ada menu "screen options" , lalu klik. Ini untuk memunculkan menu "excerpt"

4. Setelah itu akan muncul opsi excerpt di bawah post





5. Jika sudah dibuat beberapa kalimat yang ingin ditampilkan, lalu klik "publish"


Metode 3 :

Pada dasarnya, plugin ini berfungsi untuk menyingkat artikel-artikel yang akan ditampilkan di homepage atau halaman utama sebuah website. Untuk metode ini, teman-teman bisa menggunakan plugin tambahan. Misalkan plugin advanced excerpt atau easy custom auto excerpt dan sebagainya. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke dashboard wordpress


2. Pada menu plugin, klik add new . Kemudian cari plugin dengan kata kunci : excerpt . Teman-teman bisa mencobanya ya.


Silakan klik "install now".

3. Klik menu plugin excerpt yang telah diinstall tadi. Selanjutnya tentukan berapa kalimat yang ingin ditampilkan. Bisa 1 paragraf atau paragraf pertama, atau beberapa kata. Terserah teman-teman.

Selesai

Demikianlah tips bagaimana mempersingkat artikel atau konten yang akan ditampilkan di halaman utama website wordpress kita. Semoga bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas, silakan disampaikan ya.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

0 Response to "Cara Mempersingkat Artikel di Tampilan Homepage Pada Wordpress"

Post a Comment