Pengalaman Kursus Renang di Villa Duta Bogor

Saya sudah terlalu sering mengunjungi kolam renang, namun belum tahu bagaimana caranya berenang. Kalau dulu waktu saya masih kecil, saya hanya melihat saudara-saudara dan teman-teman saya yang begitu berani berenang di kali. Saat itu saya selalu teringat pesan orang tua saya agar tidak berenang di kali. Hasilnya saya gak bisa-bisa berenang. Namun saya yakin, saya bisa jauh lebih baik setelah belajar dari pakarnya. Dih, pede banget sih gue.

Barulah pada akhir-akhir ini saya memberanikan diri untuk belajar langsung dari ahlinya. Ditambah waktu saya yang sangat lengang, maka hal ini menjadikan saya untuk bisa berenang. Bukan hanya sekedar bisa, melainkan lebih mendalami lagi teknik-teknik berenang yang baik. Pada kesempatan ini saya ingin bercerita bagaimana pengalaman saya belajar atau kursus berenang yang saya ikuti di Villa Duta, Bogor. Lokasinya berada di Jalan Pajajaran, berdekatan dengan sekolah SMAN 3 Bogor dan rumah sakit BMC.




Di hari pertama saya diajari renang oleh seorang instruktur renang yang bernama Pak Alam. Pak Alam ini sabar dan ramah dalam mengajar. Mungkin sudah takdirnya saya dipertemukan dengan Pak Alam dalam kesempatan menimba ilmu renang. Di hari pertama ini saya diajari teknik dasar dalam berenang yaitu teknik mengambil nafas. Saya yang baru mencelupkan diri ke dalam kolam renang, diminta untuk menyelam lalu naik sambil mengambil nafas sebanyak 20 kali. Sebagai murid, saya ikuti dengan baik arahan guru agar bisa berhasil.

Bagi pemula, kita akan dibekali dengan alat bantu berupa papan seluncur yang memudahkan kita untuk berlatih berenang dan mengapung. Jadi gak usah takut tenggelam ya. Lagipula kita latihannya di kolam yang dangkal kok. Kalau melewati pembatas bagian kolam yang dalam, kita akan dipanggil untuk kembali ke bagian kolam yang dangkal. Jadi sangatlah aman latihannya.


Pelajaran Kursus Renang di Villa Duta Bogor


1. Teknik ambil nafas.

Dalam posisi berdiri , lalu jongkok dan menyelam, lalu berdiri kembali untuk bernafas. Ambil nafasnya dengan mulut. Teknik ambil nafasnya mirip dengan teknik latihan vokal yang berfungsi untuk melatih pernafasan diafragma. 

Setelah ambil nafas, lalu menyelam kembali dengan posisi jongkok. Baik posisi berdiri dan jongkok dalam air, hitungannya bisa diawali dengan 4 detik / hitungan. Lalu naik ke permukaan air, buang air dalam mulut. Setelah itu ambil nafas kembali. Ulangi latihan ini selama 20 kali.

2. Teknik menendang 

Teknik menendang ini berguna untuk melatih gaya renang yang tepat untuk pemula yaitu gaya katak. Untuk teknik ini sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata saja. Saya punya rekomendasi mempelajarinya melalui video agar lebih mudah dipahami. Teman-teman bisa menyimaknya di video ini ya.


Mirip sekali dengan video di atas. Bedanya dengan latihan yang saya jalani adalah saat latihan saya diminta untuk menendang 2 kali, sedangkan pada video di atas hanya sekali menendang.

3. Latihan berulang kali

Setelah ditunjukkan oleh pelatih renang tekniknya dan kita telah melakukannya. Maka kita akan diminta untuk mengulanginya beberapa kali dengan renang bolak-balik. Kadang bisa 4 kali bolak-balik dan tergantung arahan dari pelatihnya.

Demikianlah pengalaman saya kursus renang bersama pelatih renang di Villa Duta Bogor. Untuk kelanjutan ceritanya akan saya lanjutkan di artikel berikutnya ya.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

0 Response to "Pengalaman Kursus Renang di Villa Duta Bogor"

Post a Comment